tag:blogger.com,1999:blog-82283235286819202612024-02-08T03:05:42.058-08:00MTs NEGERI KOTA BEKASIGERBANG ILMU, SPIRITUAL DAN MORALMTs Negeri Kota Bekasihttp://www.blogger.com/profile/17500451602519843057noreply@blogger.comBlogger1125tag:blogger.com,1999:blog-8228323528681920261.post-66774113767789518542007-12-29T07:23:00.000-08:002007-12-29T07:35:04.285-08:00PROFIL MTs NEGERI KOTA BEKASIVISI MTs NEGERI KOTA BEKASI<br /><br />“Unggul dalam IMTAQ dan IPTEK.”<br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br />MISI MTs NEGERI KOTA BEKASI<br /><br /><br />1. Meningkatkan kualitas pelayanan dan proses belajar-mengajar yang efektif dan efisien.<br />2. Meningkatkan kualitas masukan dan lulusan.<br />3. Meningkatkan kegiatan penghayatan dan pengamalan agama Islam.<br />4. Mengembangkan managemen dengan melibatkan partisipasi seluruh warga Madrasah.<br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br />PROGRAM JANGKA PENDEK ( 2007 – 2008)<br /><br />A. FISIK<br /><br /><br />NO<br />URAIAN PROGRAM<br />REALISASI<br />SUMBER DANA<br />PENANGGUNG JAWAB<br />1<br />Pengadaan Buku Agama,<br />Umum, Bahasa, dan LKS<br /><br />- Agustus s/d<br />September 2007<br />- Semester Genap<br /><br />- Swadaya Masyarakat<br />- Bantuan Opreaional<br />Sekolah<br />Kepala MTs Negeri<br /><br /><br /><br />2<br />Pengadaan dan pemeliharaan sarana belajar: Papan Tulis, White Board, Lemari, Meja, Bangku, dan Penerangan.<br /><br />- Agustus s/d<br />September 2007<br />- Komite Madrasah<br />- BantuanOperasional<br />Sekolah<br />- Kepala MTs Negeri<br />- Kepala TU<br /><br /><br />3<br />Perbaikan MCK, Penataan Taman, dan Pengecetan Musholah.<br /><br />- September s/d<br />Oktober 2007<br />Swadaya Masyarakat<br />Kepala MTs Negeri<br /><br /><br />4<br />Penambahan sarana bellajar komputer, AC dan perlatan laboratorium.<br /><br />- Agustus s/d<br />September 2007<br />Swadaya Masyarakat<br />Kepala MTs Negeri<br /><br /><br /><br />5<br />Penambahan Gedung Lantai dua untuk ruang belajar dan Perpustakaan<br /><br />September 2007<br />APBN 2007<br />Kepala MTs Negeri<br /><br /><br />6<br />Pembelian peralatan Musik Marawis, dan Sarana Olah Raga.<br /><br />Agustus s/d September 2007<br />- Swadaya Masyarakat<br />- Bantuan Operasional<br />Sekolah<br />Kepala MTs Negeri<br /><br />7<br />Penambahan lemari Piala, dan Lemari File<br /><br /><br />Agustus – September 2007<br />- Swadaya Masyarakat<br />Kepala MTs Negeri<br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br />B. NON FISIK<br /><br /><br />NO<br />URAIAN PROGRAM<br />REALISASI<br />SUMBER DANA<br />PENANGGUNG JAWAB<br /><br /><br />1<br />Menyelenggrakan pelatihan profesionalisme Guru bidang Study dan Pegawai.<br />April – Mei 2007<br />- DBL<br />- BOMM<br />- Kepala MTs<br />Negeri<br />- Kep. Tu<br /><br /><br />2<br /><br />Bimbingan Belajar Siswa kelas III<br />April – Mei 2007<br />- Bantuan Operasional<br />Sekolah<br />Kepala MTs Megeri<br /><br /><br /><br />3<br />Menata kembali struktur organisasi Madrasah : Komite Madrasah, Osis, PMR, Pramuka, Paskibaraka, Pengurus Musholah dan Pengurus Unit Usaha; Koperasi, dan Kantin.<br /><br />- Agustus 2007<br />- Swadaya Masyarakat<br />- Bantuan Operasional<br />Sekolah.<br />Kepala MTs Negeri<br /><br />Peningkatan kehidupan keagamaan, sosial dan moral. Melalui kegiatan : Kultum ba’da shlat dzuhur, hari besar Islam, Konseling , Seminar Anti Narkoba dan Tawuran, serta arisan guru, Pegawai dan Karyawan Madrasah.<br /><br />- Juli 2007 s/d Mei<br />2008<br />- Swadaya Masyarakat<br />- Bantuan Operasional<br />Sekolah.<br />Kepala MTs Negeri<br /><br />Menyelenggarakan penelitian, Perkemahan, dan study Tour.<br /><br /><br />Desember 2005 s/d Februari 2006<br />- Swadaya Masyarakat<br />- Bantuan Operasional<br />Sekolah.<br />Kepala MTs Negeri<br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br />STRUKTUR ORGANISASI MADRASAH<br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br />PENJELASAN STRUKTUR ORGANISASI<br />MTs NEGERI KOTA BEKASI<br /><br />Kepala Madrasah<br />Penanggung jawab serta pengambil kebijakan terkait<br />dengan keberadaan Madrasah<br /><br />Komite Madrasah<br />Merupakan organisasi indepeden, artinya ia tidak mempunyai hubungan hirarkis baik pada madrasah maupun lembaga pemerintah. Ia merupakan mitra<br />yang saling bekerjasama dengan pihak madrasah, sesuai dengan<br />konsep Manajemen Berbasis Madrasah.<br /><br />Kepala Tata Usaha<br />Merupakan Staf Pimpinan yang berperan melaksanakan kegiatan<br />administrasi secara menyeluruh.<br /><br />Wakil Kepala Bidang<br />Merupakan staf Pimpinan yang berperan membantu dan mewakili Kepala Madrasah serta bertanggung jawab atas perencanaan pelaksanaan pembelajaran dan segala yang berkaitan dengan implementasi Kurikulum dan Kesiswaan.<br /><br />Koordinator Bimbingan Konseling<br />Merupakan anggota staf Pimpinan yang bertugas mengkoordinir kegiatan bimbingan konseling di Madrasah.<br /><br />Wali Kelas<br />Merupakan guru yang bertugas untuk melaksanakan proses belajar mengajar<br />serta mengelolah dan mengkoordinir para guru berbagai<br />mata pelajar di lingkungan kelasnya.<br /><br />Organisasi Intra Madrasah<br />Merupakan organisasi siswa yang secara resmi mendapat<br />Surat Keputusan Kepala Madrasah.<br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br />IMPLEMENTASI MPMBS PADA MTs N KOTA BEKASI<br />Drs. H. ANWAR. MM<br /><br />A. Pendahuluan<br /><br />Posisi Madrasah dalam konteks desentralisasi pendidikan saat ini masih merupakan derivasi dari kebijakan otonomi daerah berdasarkan UU Nomor 22 Tahun 1999. Pada pasal 7 ayat (I) disebutkan bahwa agama merupakan bidang pemerintahan yang tidak di otonomikan dan karena di dalam Departemen Agama terdapat sekolah-sekolah keagamaan yang dalam hal ini MI, MTs, MA, maka secara legal formal pengelolaan madrasah tidak menjadi wewenang dan tanggung jawab Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota ( Pedoman Komite Madrasah : 31-32).<br />Sebagai Lembaga Pendidikan keagamaan maka MTs Negeri Kota Bekasi harus memperhatikan hal tersebut di atas, akan tetapi tentu saja mengupayakan agar tidak menjadi lembaga pendidikan yang termarjinalkan. Oleh karena itu harus pro aktif untuk mencari inforrmasi tentang perkembangan paradigma baru pendidikan, sepanjang itu tidak bertentangan dengan kebijakan Pusat. Hal itu ternyata sesuai dengan Surat Menteri Agama yang dilayangkan kepada menteri dalam negeri dan Otda serta Mentyeri pemberdayaan Aparatur Negara dan sdeluruh Gubernur disegenap wilayah RI yang isinya :<br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br />1. Kewenangan Penyelenggaraan poendidikan agama pada sekolah umum dan penyelenggaraan Madrasah Ibtidaiyah. Mafrasan Tsanawiyah dan Madrasah Aliyah diserahkan kepada daerah Kabupaten/Kota yang meliputi aspek-aspek operasional penyelenggaraan, penjabaran krikulum, penyediaan tenaga kependidikan, penyediaan sarana dan prasarana, penyediaan anggran.<br />2. Kewenangan lain di bidang pendidikan sebagaimana dimaksud dalam PP No. 25 Tahun 2000 tentang kewenangan pemerintah dan kewenangan prpinsi sebagai daerah otonomi Bab II pasal 2 ayat (3) angkka 11 sepanjang yang menyangkut pendidikan agama dan keagamaan masih tetap menjadi wewenang pemerintah Pusat (Departemen Agama).<br /><br />Ide dasar desentralisasi pendidikan di era otonomi daerah adalah pengembangan pendidikan berbasis masyarakat (scholl based management/community based education) hendaknya dapat menjadi harapan baru bagi masyarakat madrasah. Otonomi pendidikan dengan pendekatan scholl based management atau managing school, sungguh merupakan perpaduan sinergik antara sistem sentralistik dan desentralistik.<br />Berdasarkan uraian di atas maka MTs Negeri Kota Bekasi melaksanakan MPMBS sebagai upaya meningkatkan dan mengembangkan kualitas sumber daya manusia.<br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br />Bagaimana Implementasi MPMBS di MTs Negeri Kota Bekasi ?<br />a. Dasar pemikiran<br />Pelaksanaan MBM memerlukan perubahan pola pikir dan bahkan budaya kerja. MBM lebih diperlukan dalam proses manajemen yang seharusnya dilakukan dimadrasah agar terjadi kewenangan madrasah dalam mengelola pendidikan. Sewkolah mampu menyusun dan melaksanakan program-program yang sesuai dengan kondisi obyektifnya, terjadi keterbukaan mananjkemen, terjadi iklim kerja yang baik dan terjadi kerjasama sinergis antar semua warga madrasah, situasi dan kondisi itulah yang pada saatnya akan memerlukan peningkatan mutu pendidikan secara berkelanjutan.<br />Pada UU Nomor 25 Tahun 2000 tentang Program Perngembangan Nasional dan UU Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sisten Pendidikan Nasional, dapat di pahamio p[ada kedua Undang-Undang tersebut telah mengamanatkan agar pengelolaan satuan pendidikan dilakukan dengan prinsip Manajemen Berbasisi Sekolah. Karena itu MTS Negeri Kota Bewkasi yanbg merupakan satuan pendidikan madrasah di bawah Departemen Agama, segera pro aktif untuk melaksanakan UU tersebut. Sesuai dengan buku panduan pengembangan Sekolah Standar Nasaional (SSN), bahwa melalui MBS ada 6 hal yang harus di dorong untuk dikembangkan di sekolah, yaitu :<br />1. Kemandirian<br />2. Kerjasama<br />3. Keterbukaan<br />4. Fleksibilitas<br />5. Akuntabilitas<br />6. Sutanibilitas<br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br />b. Realisasi di MTs Negeri Kota Bekasi<br /><br />1. Kemandirian<br />a) Penentuan tujuan<br />Tujuan MTs Negeri Kota Bekasi sebagai sekolah menengah pertama yang berciri khas agama Islam telah ditetapkan sebagai berikut :<br />Setelah siswa di didik selama 3 tahun diharapkan :<br />1. Mampu secara aktif melaksanakan ibadah Yaumiah dengan benar.<br />2. Khatam Al-Quran dengan tartil<br />3. Berakhlak Mulia (Akhlakul Karimah)<br />4. Hafal Juz ke 30 ( Juz ‘amma)<br />5. Mampu berbicara dengan bahasa Inggris dan Arab<br />6. Dapat bersaing dan tidak kalah dengan siswa sekolah favorit lain, dalam bidang sains.<br />Dengan adanya tujuan tersebut maka arah dari semua program tidak boleh menyimpang dari tujuan tersebut. Oleh karena itu kemudian ditetapkanlah suatu perencanan.<br /><br />b). Perencanaan<br /><br />Masing-masing point dalam tujuan yang telah ditetapkan tersebut harus direncanakan sedemikian rupa untuk pencapainanya. Hal itu dapat dilihat pada tabel berikut :<br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br />NO<br />TUJUAN<br />PROGRAM<br />PANTAUAN/PENERAPAN<br /><br />1<br /><br /><br /><br /><br />2<br /><br /><br /><br />3<br /><br /><br /><br /><br />4<br /><br /><br /><br />5<br /><br /><br /><br /><br /><br /><br />6<br />Menyusun secara aktif melaksanakan yaumiah dengan benar dan tartil.<br /><br /><br />Khatam Al-Quran dan Tartil<br /><br /><br /><br />Berakhlak mulia (Akhlakul Karimah)<br /><br /><br />Hafal Juz ke 30 ( Juz Amma)<br /><br /><br /><br /><br />Mampu berbicara dengan Bahasa Inggris dan Arab<br /><br /><br /><br /><br /><br />Dapat bersaing dengan siswa lain dari sekolah favorit dalam bidang Sains.<br />- Pelaksanaan shalat<br />dzuhur berjamaah<br />- Shalat Dhuha<br /><br />- Mengaji setiap<br />awal masuk kelas<br />(Muqadimah)<br /><br />- Tata tertib siswa<br />- Teladan dari<br />tenaga pendidikan.<br /><br />- Setoran hafalan<br />Juz amma yang<br />telah diberi<br />kolom nilai.<br /><br />- Senin, Rabu &<br />Jumat : Bahasa Arab.<br />- Selasa, Kamis<br />& Sabtu : Bahasa<br />Inggris<br /><br />- Pembinaan siswa<br />- Pembinaan KIR<br />- Try Out<br /><br />Rujukan: Buku Bimbingan Shalat sesuai yang diterbitkan oleh Departemen Agama. Dengan bimbingan Guru Agama.<br /><br /><br />Guru Agama mendengarkan, menununtun dan memberikan pengarahan.<br /><br /><br />Wali Kelas/Guru Bid. Study pada jam pertama dan terakhir.<br /><br /><br />Guru Agama mata Pelajaran Al-Quran & Hadits.<br /><br /><br /><br /><br />Guru bidang Study Bahasa Arab dan Inggris mengamati dan memberikan bimbingan.<br /><br /><br /><br /><br /><br /><br />Guru Bidang Fisika, Sains dan Matematikan memberikan bimbingan bagaimana melakukan penelitian.<br /><br />c. Pengorganisasian sumber<br /><br />1) Pengelompokkan guru mata pelajaran dengan membentuk koordinator mata pelajaran.<br />2) Pembentukan MGMP, dan selanjutnya mendatangkan dosen sebagai narasumber.<br />3) Pengaturan tempat duduk guru sehingga membentuk team teaching.<br />4) Nara sumber dari orang tua dalam program Parent’s Day<br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br />d) Pengendalian proses<br /><br />Agar tujuan yang telah ditetapkan dapat tercapai, maka proses yang dilaksnakan harus terkendali. Sistem pengendalian yang dilaksanakan adalah sebagai berikut :<br />1. Monitoring pelaksanaan program oleh kepala madrasah terhadap semua tenaga kependidikan, baik guru maupun karyawan.<br />2. Supervisi dilaksnakan oleh kepala madrasah ada beberapa cara :<br />• Supervisi langsung ke kelas dengan menggunakan instrumen yang telah dirancang ( lihat lampiran).<br />• Supervisi tidak langsung dengan menggunakan catatan siswa “Data of teaching and learning proces for teacher” (lihat lampiran).<br />• Rapat rutin setiap Senin dan rapat yang bersifat temporer.<br /><br />e) Penetapan dan Penyempurnaan<br />Setiap akhir tahun dilaksanakan evaluasi program baik berkaitan dengan PBM maupun SDM. Adapun berkaitan dengan PBM baik intra maupun ekstra kurikuler :<br />- Pelaksanaan Moving Class<br />- Pelaksanaan CTL (dalam implemtasi kurikulum 2006).<br />- Pelaksanaan Bimbingan Belajar<br />- Pelaksanaan pembinaan Musholah<br />- Pelaksanaan BK<br />- Pelaksanaan Pembinaan KIR<br />Setelah di adakan evaluasi maka hasilnya akan di jadikan dasar menetapkan program selanjutnya.<br /><br /><br /><br /><br /><br /><br />2 . Kerjasama<br /><br />Tidak bisa di pungkiri bahwa pelaksanaan program madrasah memang harus di dukung oleh “Stakeholder” kemandirian bukan berarti tidak memerlukan kerjasama, akan tetapi kemandirian dalam pelaksanaan otonomi pendidikan merupakan kiat lembaga pendidikan untuk maju tampa menggantungkan diri kepada bantuan pemerintah. karena itu sangat diperlukan upaya kerjasama antara stakeholder yaitu<br />a. Dengan Majelis Madrasah<br />b. Dengan lembaga yang sejalan dengan visinya<br />c. Dengan dunia usaha.<br /><br />a . Majelis Madrasah (Komite Madrasah)<br />Pembentukan Komite Madrasah mengacu pada pedoman Komite Madrasah yang diterbitkan oleh DEPAG tahumn 2003. Akan tetapi struktur organisasinya disesuaikan dengan kebutuhan MTs Negeri Kota Bekasi. Kebutuhan yang sangat mendasar adalah terkait dengan<br />1. Sumber Dana<br />2. Kurikulum dan Pelajaran<br />3. Evaluasi dan monitoring<br />4. Ketenangaaan dan SDM<br />Oleh karena itu maka susunan pengurus ( Komite Madrasah) juga terdiri dari :<br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br />- Pengurus harian meliputi : Ketua, Sekretaris, Bendahara<br />- Bidang-bidang yang terdiri dari: Bidang pengelolaan dana masyarakat, Bidang kualitas pelayanan pendidikan, bidang jaringan kerjasama, bidang peningkatan sumber daya manusia.<br /><br />SUSUNAN PENGURUS KOMITE<br />MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI KOTA BEKASI<br />PERIODE 2007-2008<br />Nomor: MTs.N. 10/PP.01/ 03/2007<br /><br /><br />Ketua : Drs. H. Zakhruddin Arasy. S.Ag<br />Sekretaris : R. Endang Wurdiyanti. SH<br />Bendahara : Siti Salimah<br /><br />Bidang Peningkatan Suber daya manusia : Sutomo<br /><br />Bidang Pengelolaan Dana Masyarakat : H. Alimuddin. HM<br /><br />Bidang Kualitas Layanan Masyarakat : 1. Drs. Khozin<br />2. Dra. Tuheriyah<br /><br />Bidang Jaringan Kerjasama : 1. H. Muslim<br />2. Nata Ramli<br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br />3) Keterbukaan/Tarnaparasi<br /><br /><br />Keterbukaan sangat penting dalam berbagai pelaksanaan program kerja, baik secara internal maupun eksterna. Sehingga siapapun dapat mengakses sumber dan realisasi anggaran bagi pelaksanaan program kerja. Untuk hal tersebut setiap item kegiatan wajib melaporkan hasil kerjanya baik kepada Kepala sekolah, dewan guru dan warga Madrasah. Disamping memberikan laporan kepada lembaga-lembaga terkait dilingkungan madrasah maupun di lingkungan Departemen Agama. Masyarakat juga dapat mengakses setiap laporan yang telah kami buat.<br /><br />4.) Fleksibilitas<br /><br />Keberadaan MTs Negeri Kota Bekasi ditengah-tengah masyarakat yang heterogen baik di bidang pendidikan orang tua siswa maupun culturnya. Oleh karena itu masukan dari masyarakat sangat diperlukan dalam rangka memperkuat keberadaan madrasah. Sehingga pelaksanaan program yang telah disepakati tidak mengalami hambatan. Dalam hal ini pihak madrasah perlu mengadakan pertemuan dengan pihak orang tua murid dan mendatangkan tokoh masyarakat sekaligus untuk mensosialisan program serta meminta masukan dari mereka.<br />a. Pertemuan dengan orang tua setiap awal semester secara rutin, namun jika diperlukan ada pertemuan yang bersifat insedentil.<br />b. Dalam pertemuan itu dikiuti oleh :<br /><br />• Kepala madrasah<br />• Wakil guru/Wali kelas<br />• Komite Madrasah<br />• Orang tua siswa<br />• Tokoh masyarakat.<br /><br /><br /><br /><br />5) Akuntabilitas ( Pertanggung jawaban)<br /><br />Sebagai lembaga pendidikan yang berciri khas agama Islam MTs Negeri Kota Bekasi telah menetapkan Visi, Misi dan Program yang sejak awal telah disosialisakan kepada orang tua siswa. Di samping itu pertanggung jawaban juga disampaikan atas hasil-hasil yang telah di laksanakan, termasuk didalamnya keuangan yang telah digunakan. Sehingga bantuan dan dukungan yang telah diberikan serta kepercayaan yang telah di amanatkan benar-benar berjalan sesuai rencana dan kesepekatan semua pihak.<br />Oleh karena itu ada tiga agenda laporan pertanggung jawaban yang disampaikan :<br />1. Setiap kegiatan selesai dilaksanakan disampaikan kepada Kepala Madrasah.<br />2. Setiap semester (Enam bulan) sekali laporan disampaikan kepada pihak sekolah dan Komite Madrasah.<br />3. Setiap akhir ajaran laporan disampaikan kepada semua pihak.<br /><br />Dengan agenda laporan tersebut, tidak berarti akses masyarakat tertutup bila suatu saat ada yang ingin mengetahui laporan pertanggung jawaban tersebut kami tetap membukanya.<br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br />6. Sustanibilitas (Kesinambungan)<br />Program jangka panjang di buat dengan maksud agar ada<br />kesinambungan dalam kegiatan dari tahun ketahun sehingga<br />usaha mencapai visi dan misi serta program terimplementasi<br />dengan baik.<br />Untuk itu setiap program yang belum mencapai sasat berdasarkan hasil evaluasi akhir tahun maka akan muncul program tahun berikutnya. Program jangka panjang dijabarkan pada program tahunan, apabila belum tercapai saeluruhnya, bisa diadakan modifikasi, namun pada dasarnya tetap mengacu pada program jangka panjang.<br />Kesinambungan juga di artikan sebagai lembaga pendidikan berciri khas Islam harus senantiasa mengadakan inovasi berkelanjutan, dengan kiat bahwa hari ini lebih baik dari hari kemarin. Oleh karena itu maka “Penelitian dan pengembangan” harus dilaksanakan secara kontinyu, yang akhirnya dapat memotivasi inovasi.<br />Dalam upaya agar kesinambungan itu berlangsung dengan baik, maka evaluasi harus dilakukan yang meliputi evaluasi :<br />a. Program ( pelaksanaan program jangka pendek dan jangka panjang)<br />b. Ketenagaan/mutu SDM uji kompetensi akhir tahun (dilaksanakan tes uji kompetensi guru dan karyawan).<br />c. Keuangan/ RAPM di audit oleh Tim Audit yang di ketua oleh ketua komite Madrasah.<br />d. Kualitas lulusan melanjutkan keberbagai sekolah lanjutan tingkat atas dapat di lihat data di bawah ini :<br /><br /><br /><br /><br /><br />DATA SISWA MTS NEGERI KOTA BEKASI<br />YANG MELANJUTKAN KE MA/SMU/SMK/STM<br /><br /><br />NO<br />DITERIMA DI TAHUN PELAJARAN<br />2002-2003 2003-2004 2004-2005 2006-2007<br /><br />1 MA NEGERI 35 45 55 52<br />MA SWASTA 10 11 15 18<br /><br />2 SMU NEGERI 15 17 19 21<br />SMU SWASTA 55 59 65 23<br /><br />3 SMK NEGERI 11 13 18 19<br />SMK SWASTA 78 88 91 92<br /><br />4 STM NEGERI 07 12 13 15<br />STM SWASTA 68 69 52 53<br />JUMLAH 279 314 328 293<br /><br /><br />GRAFIK SISWA MTs NEGERI KOTA BEKASI<br />YANG MELANJUTKAN KE MA/SMU/SMK/STM<br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br />FUNGSI DAN TUGAS PENGELOLA MADRASAH<br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br />• Selaku edukator , yaitu : Melaksanakan proses belajar mengajar secara efektif dan efisien.<br /><br />• Selaku manager, yaitu : Menyusun perencanaan, mengorganisir kegiatan, mengarahkan kegiatan mengkoordinasi kegiatan, melaksanakan pengawasan, melakukan evaluasi terhadap kegiatan, menentukkan kebijakan, mengadakan rapat, mengambil keputusan,mengatur PBM, mengatur administrasi, mengatur organisasi kesiswaan, mengatur hubungan sekolah dengan masyarakat dan instansi terkait.<br /><br />• Selaku administrator, yaitu : Menyelenggarakan administrasi; mulai dari Perencanaan, Pengorganisasian, Pengawasan, Pelaksanaan Kurikulum,Kesiswaan, Ketatausahaan, Ketenagaan dan Keuangan.<br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br />• Selaku supervisor, yaitu : Melakukan supervisi, mulai dari proses belajar mengajar, kegiatan bimbingan dan konseling,kegiatan ekstrakuruler, kegiatan ketatausahaan, kerjasama dengan masyarakat dan instansi terkait, sarana prasarana, kegiatan organisasi kesiswaan, kegiatan 6 K.<br /><br /><br /><br />• Menyusun program pengajaran.<br />• Menyusun pembagian dan uraian tugas guru.<br />• Menyusun jadwal pelajaran.<br />• Menyusun penjabaran kalender pendidikan.<br />• Mengatur pelaksanaan kegiatan kurikuler.<br />• Mengatur pelaksanaan program perbaikan dan pengayaan.<br />• Menyusun Laporan.<br />• Mencari informasi tentang paradigma terkini.<br />• Mengadakan pengembangan kurikulum sesuai dengan situasi dan kondisi yang ada.<br /><br /><br /><br />• Menyusun program pembinaan / kegiatan kesiswaan / Organisasi internal siswa.<br />• Mengatur dan mengkoordinasikan pelaksnaan 6 K (keamanan, kebersihan, ketertiban, Keindahan, Kekeluargaan dan Keindahan).<br />• Membuat perencanaan pemilihan siswa teladan serta mengatur pelaksanaannya.<br />• Program pembinaan siswa serta jadwal pelaksanaannya.<br /><br /><br /><br />• Membuat perencanaan / Program kegiatan dalam rangka hubungan dengan masyarakat.<br />• Mengatur kegiatan, serta mengadakan monitoring dan evaluasi program IT (Informasi Teknologi).<br />• Menyelenggarakan bakti sosial, karya wisata yang secara terpadu sebagai implemtasi kurikulum 2004.<br />• Membuat laporan pelaksanaan program setiap akhir semester kepada kepala Madrasah.<br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br />• Menyusun program kerja tata usaha<br />• Pengelolaan keuangan madrasah<br />• Pengurusan administrasi ketenagaan dan siswa<br />• Pembinaan dan Pengembangan karir pegawai tata usaha madrasah<br />• Penyusunan dan penyajian data / statistik madrasah<br />• Mengkordinasikan dan melaksanakan BK<br />• Penyusunan laporan pelaksanaan kegiatan pengurusan ketatausahaan secara berkala<br />• Mengelola perpustakaan, laboratorium, Komputer, Kantin dan Koperasi.<br /><br /><br /><br /><br /><br /><br />• Penyusunan program dan pelaksanaan BK<br />• Koordinasi dengan walikelas dalam rangka mengatasi masalah-masalah yang dihadapi oleh siswa tentang kesulitan belajar<br />• Memberi layanan bimbingan pada siswa untuk memperoleh gambaran lanjutan pendidikan<br />• Mengadakan penilian pelaksanaan BK<br />• Menyusun Statistik hasil penilaian BK<br />• Melaksanakan kegiatan analisis hasil evaluasi belajar<br />• Menyusun dan melaksanakan program tindak lanjut BK<br />• Menyusun laporan pelaksanaan BK<br /><br /><br /><br /><br />• Penmgelolaan kelas<br />• Penyelenggaraan administrasi kelas meliputi :<br />• Denah tempat duduk siswa<br />• Papan Absensi siswa<br />• Daftar pelajaran kelas<br />• Daftar piket kelas<br />• Buku absensi kelas siswa<br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br />• Buku kegiatan pembelajaran<br />• Tata tertib kelas<br />• Penyusunan atau pembuatan statistik bulanan siswa<br />• Pengisian daftar kemampuan nilai siswa<br />• Pembuatan catatan khusus tentang siswa<br />• Pencatatan mutasi siswa<br />• Pengisian buku raport<br />• Pembagian buku raport<br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br />PERANGKAT ADMINISTRASI / KETATA USAHAAN<br />MTs NEGERI KOTA BEKASI<br /><br /><br /><br /><br />• Memimpin dan mengelola seluruh kegiatan administrasi pada MTs Negeri Kota Bekasi sesuai kebijakan Kepala Madrasah.<br />• Memimpin dan membina seluruh staf tenaga administrasi untuk bekerjasama dengan pihak edukatif.<br />• Bertanggung jawab atas pelaksanaan dan kelancaran ketatausahaan.<br />• Bertanggung jawab atas inventaris negara sebagai pelaksana harian dari kepala Madrasah.<br />• Meneliti terhadap kerusakan gedung dan inventaris lain<br />• Memproses kenaikan pangkat seluruh pegawai<br />• Memproses usul pensiun pegawai<br />• Bertanggung jawab terhadap administrasi kepegawaian<br />• Membuat Rencana Anggaran Belanja (DIK).<br />• Membuat rencana kebutuhan barang dan jasa serta pengadaan barang.<br />• Belanja barang dan perbaikan inventaris<br />• Bertanggung jawab terhadap administrasi kesiswaan<br />• Membuat dan memproses pegawai baru<br />• Membuat laporan inventaris dan mencatat barang inventaris dalam LMBT, BIB, dan KIB.<br />• Membuat laporan tata usaha secara berkala / tahunan/Evaluasi program.<br />• Tugas lain yang diberikan kepala Madrasah.<br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br />• Membuat SPP dan SPJ gaji serta membayarkannya kepada yang berhak.<br />• Membuat SPP dan SPJ UUDP<br />• Melaksanakan pembukuan DIK sebagaimana ketentuan yang berlaku.<br />• Membuat berita acara penutupan pemeriksanaan Kas oleh Kepala Madrasah.<br />• Mengajukan SPP Vakasi , kekurangan gajio, serta mempertanggung jawabkannya.<br />• Memungut dan menyetor Pungutan Pajak, Infak dan Zakat profesi.<br />• Mengumpulkan bukti pungutan / setoran pajak secara tertib.<br />• Membuat KGB dan KP.4 pegawai.<br />• Tugas lain yang diberikan kepala Madrasah<br /><br /><br /><br /><br />• Membuat laporan data pegawai tiap bulan<br />• Membuat buku kendali kenaikan pangkat<br />• Membuat SK kenaikan gaji berkala seluruh pegawai<br />• Membuat daftar usulan kepangkatan (DUK)<br />• Menyiapkan pembuatan DP.3 dan menyimpannya dalam file<br />• Mengisi induk pegawai<br />• Menyiapkan bendel kepegawaian secara file<br />• Membuat surat tugas, cuti pegawai, serta surat yang berhubungan dengan pegawai.<br />• Membuat usul kenaikan pangkat<br />• Membuat usul pensiun pegawai<br />• Mmembuat pengadaan kartu taspen/Karis/Karsu/Askes<br />• Menyimpan segala dokument kepegawaian<br />• Membuat absen pegawai dan merekap<br />• Membuat data kepegawaian<br />• Menghimpun surat ijin seluruh pegawai<br />• Tugas lain yang diberikan oleh Kepala Madrasah<br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br />• Mengisi buku induk siswa<br />• Membuat laporan berkala (awal tahun, akhir tahun)<br />• Mengkoordinir daftar penerimaan raport. Leger STTB, Danem, Arsip UAN<br />• Membuat daftar kelas, absent dan daftar nilai siswa<br />• Menyimpan data siswa baru<br />• Mengandakan dan menyimpan daftar pelajaran<br />• Mempersiapkan buku PBM untuk kelas<br />• Membuat dan menyimpan surat mutasi, keterangan siswa, surat panggilan dll.<br />• Melayani legalisir STTB, Raport dll<br />• Menyiapkan jurnal kelas<br />• Mengisi buku klaper siswaMenyiapkan blanko-blanko yang berkaitan dengan pengajaran<br />• Membuat data siswa secara berkala sebagai bahan laporan<br />• Membuat pengumuman untuk siswa<br />• Tugas lain yang diberikan Kepala Madrasah<br /><br /><br /><br />• Melakukan opname fisik barang yang selanjutnya dituangkan dalam laporan hasil opname fisik.<br />• Menyusun DIR untuk barang-barang milik negara/kekayaan negara pada setiap ruangan kerja UPB yang bersangkutan<br />• Menyusun KIB atas tanah, bangunan gedung, alat angkut .<br />• Menmyusun daftar invetaris lainya (DIL) atas barang-barang milik negara/kekayaan Negara yang tidak tercatat dalam DIR dan KIB<br />• Membuat nomor registrasi barang<br />• Menyusun buku Inventaris UPB per sub-sub kelompok dalam sub kelompok<br />• Menyusun laporan Triwulan dan Tahunan Inventaris UPB (LT-I) per sub-sub Kelompok dalam sub kelompok.<br /><br />• Mengirimkan LMBT-UPB dan LT-1 sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan kepada unit atasannya.<br />• Memberikan pembinaan kepada pemakai barang dalam ligkungannya.<br />• Tugas lain yang diberikan kepala Madrasah dan ka. Tata Usaha.<br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br />• Membuat buku induk perpustakaan dan melaksanakan tata tertib<br />• Mencatat jumlah dan jenis buku serta mengklasifikasiannya<br />• Menerima pengiriman buku dan memprosesnya<br />• Meminjamkan buyku kepada yang berhak sebagaimana ketentuan perpustakaan<br />• Melayani siswa/guru / pegawai dalam peminjaman buku<br />• Melaporkan perkembangan buku setiap tiga bulan kepada Kepala Madrasah<br />• Membuat data buku dalam bentuk statistik<br />• Membersihkan dan menata ruiangan serapi mungkin sehingga tercipta ketenangan, kebersihan dan kenyamanan sebagai ruang baca<br />• Mengkorrdinasikan pengadaan buku<br />• Bertangung jawab terhadap kunci dan barang-barang di dalam ruangan perpusatkaan<br />• Tugas lain yang diberikan kepala Madrasah.<br /><br /><br /><br /><br />• Merencanakan program kerja Koperasi selama 1 Tahun<br />• Mengelola koperasi simpan pinjam<br />• Menyelenggarakan pengadaan kebutuhan siswa<br />• Mempertanggung jawabkan usaha koperasi kepada anggotanya setia Satu Tahun sekali.<br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br />LATAR BELAKANG SISWA DAN SOSIAL-EKONOMINYA<br /><br />Pertanyaan yang seringkali muncul adalah , “ Apa itu MTs Negeri dan Bagaimana proses belajar dan mengajarnya, serta apa saja persyaratan untuk menjadi peserta didiknya, dan kemana lulusannya ? “ Pertanyaan-pertanyaan itulah yang kemudian melahirkan berbagai gagasan, di antaranya kami telah melakukan sosialisasi, Pekan Olah Raga dan Seni, dan menerbitkan buklet informasi yang kami sebarkan keberbagai sekolah SD Negeri, SD Swasta, dan MI dilingkungan Bekasi. Hasilnya sangat memuaskan, 98 % mereka telah memahami eksistensi MTs Negeri Kota Bekasi. Terlihat dari besarnya minat siswa yang ingin menjadi peserta didik serta animo masyarakat yang ingin menyekolahkan anaknya ke MTs Negeri Kota Bekasi. Kegiatan sosialisasi inilah yang kemudian menjadi tradisi menjelang Ujian siswa SD maupun MI.<br />Sangat menarik apa yang disampaikan Drs. H. Anwar. MM, Kepala MTs Negeri Kota Bekasi, “ Bahwa sebagai salah satu Lembaga Pendidikan umum berciri khas agama Islam, MTs Negeri Kota Bekasi tidak saja mengajarkan ilmu-ilmu agama, seperti Al-Quran, Hadis, Aqidah, Akhlak, Sejarah Kebudayaan Islam dan Bahasa Arab. Juga Mengajarkan pelajaran ilmu-ilmu umum, seperti Matematika, Bahasa Inggris, Biologi, Fisika, Bahasa Indonesia, PPKN dan sebagainya. Dengan kata lain sekolah ini memadukan Krikulum Departemen Agama dan Departemen Pendidikan Nasional, dengan Sistem Kurikulum Berbasis Kompetensi.<br /><br /><br /><br />Sebagai Lembaga Pendidikan berbasis Sains dan agama, MTs Negeri kota Bekasi kini sedang membangun citra dirinya sebagai “ Gerbang Ilmu, Sepiritual dan Moral”. Dengan menciptakan suasana kehidupan dan penampilan siswa yang religius, kompetatif dan haus akan ilmu. Mulai dengan menggunakan busana Islami, ruang belajar terpisah antara laki-laki dan perempuan, ruang belajar yang tertata rapi dan bersih, serta membentuk prilaku siswa berakhlakul Karimah. Disamping mambangun kehidupan sosial antar siswa, guru , karyawan dan lingkungan masyarakat yang Islami.<br />Lebih lanjut beliau mengatakan, “ Untuk kearah tersebut Setiap hari sebelum belajar seluruh siswa di wajibkan membaca Al-Quran dengan waktu 15 menit yang di pandu oleh ketua kelasnya masing-masing. Dan menjelang waktu zuhur siswa diwajibkan melaksanakan sholat zuhur berjamaah. Namun sebelum sholat zuhur mereka mendengarkan kultum yang disampaikan oleh siswa sendiri, terkadang oleh guru. Seminmggu dua kali selesai belajar di adakan ta’lim yang disampaikan oleh para alumni Madarasah. Sedangkan sebulan sekali di isi dengan dialog Peradaban Islam. Disamping itu sekolah juga menyelengarakan ketrampilan membaca tilawatil Quran yang di bimbing oleh Ustad Drs. Asmawi Abdullah. Kaligrafi Alquran oleh Narwi Subandi, S.Ag. Sedangkan Bimbingan Bahasa Arab dan Inggris juga telah diprogramkan. Begitu pula kajian kitab-kitab klasik (khusus kelas III) yang di pimpin oleh Drs. KH. Muchdi Cholil.<br />Tidak sampai di situ saja, kata Muhalie, “ Dalam pembinaan moral, siswa tidak saja mendapat pelajaran akhlak, tapi juga konsultasi terhadap problem yang di hadapinya. Demikian pula dalam proses belajar, siswa dituntut kreatif dan inovatif dan kritis. Serta masih banyak lagi program-program yang ada di MTs Negeri kota Bekasi. Inilah yang kami bangun; suasana kondusif, kompetatif dan haus akan ilmu menjadi pendorong dalam mencapai visi dan misi MTs Negeri kota Bekasi.” Kata beliau. Untuk menjadi siswa MTs Negeri Kota Bekasi ada tiga syarat yang harus di penuhi, selain kelengkapan administrasi. Yaitu :<br /><br /><br /><br /><br />1. Dapat membaca AlQuran dengan benar dan hafal 15 Surah Pendek (Juz’amma).<br />2. Nilai Ujian akhir Minimal, 7.00<br />3. Lulus seleksi lisan dan tulisan.<br />Namun perkecualian untuk point 3 dapat dilakukan pada siswa SD atau MI yang pada saat di SD atau MI mendapat juara umum atau juara kelas ( I dan II). Data di bawah ini merupakan gambaran besarnya animo masyarakat terhadap MTs Negeri Kota Bekasi dan jumlah siswa yang diterima dari tahun 2000 –2001 s/d 2004-2005 di bawah ini :<br /><br /><br />NO<br />Animo masyarakat<br />2002-2003<br />2003-2004<br />2004-2005<br />2005-2006<br />2006-2007<br />1 Pendaftar 625 637 648 673 721<br />2 Tidak ikut seleksi 3 1 2 4 3<br />3 Ikut seleksi 623 636 646 671 719<br />4 Tidak diterima 185 171 57 142 143<br />5 Diterima 437 463 421 547 575<br />6 Lulus tampa seleksi 6 10 15 17 21<br />7 Mengundurkan diri 3 7 17 21 18<br />Jumlah diterima 429 446 399 509 539<br /><br />Keterangan :<br />No.2 : Berbagai alasan mereka tidak ikut seleksi karena, sakit, berbarengan dengan seleksi di SLTPN, belum memenuhi kelengkapan administrasi, dll.<br />No.6: Mereka dinyatakan lulus tampa tes, karena memiliki rangking ke I dan 2<br />No.7: Mereka diterima, namun mengundurkan diri dengan alasan telah diterima di SLTP Negeri dan lain-lain.<br /><br />Menariknya bahwa mereka yang diterima menjadi siswa MTs Negeri kota Bekasi hampir 80 % berasal dari sekolah SD Negeri dan SD Swasta, sebagaimana data di bawah ini :<br /><br /><br />NO<br />ASAL SEKOLAH<br />2002-2003<br />2003-2004<br />2004-2005<br />2005-2006<br />2006-2007<br />1 SD NEGERI 546 572 568 658 687<br />2 SD SWASTA 16 21 18 19 23<br />3 MI NEGERI 3 2 3 5 2<br />4 MI SWASTA 19 23 40 56 82<br /><br />Sedangkan perkembangan siswa dari tahun ke tahun terus meningkat, sebagaimana terlihat pada rekapitulasi jumlah siswa dari tahun 2002 sampai dengan 2007 di bawah ini :<br /><br /><br /><br />REKAPITULASI JUMLAH SISWA<br />MTs NEGERI KOTA BEKASI<br />TAHUN 2001 S/D 2005<br />NO TAHUN<br />PELAJARAN KELAS I KELAS 2 KELAS 3 JUMLAH<br />1 2002-2003<br />2 2003-2004<br />3 2004-2005 289 315 235 839<br />4 2005-2006 512 285 379 1.176<br />5 2006-2007 584 514 287 1.385<br /><br />Adapun latar belakang pendidikan orang tua memang tidak begitu signifikan, artinya bahwa pendidikan mereka hampir 60 % SLTA atau setara. Sebagaimana data di bawah ini :<br /><br />NO ASAL<br />PENDIDIKAN 2002-2003 2003-2004 2004-2005 2005-2006 2006-2007<br />1 SD 37 23 15 19 17<br />2 SLTP 85 97 101 108 98<br />3 SLTA 104 125 138 179 289<br />4 STRATA I 24 27 29 38 68<br />5 STRATA 2 1 2 4 2 5<br />6 STRATA 3 - - - - -<br /><br />Begitu pula dengan pekerjaan orang tua, boleh di bilang hampir 55 % Swasta untuk lebih jelasnya lihat data di bawah ini :<br /><br />NO PEKERJAAN 2002-2003 2003-2004 2004-2005 2005-2006 2006-2007<br />1 DOSEN 1 1 2 2 3<br />2 GURU 21 39 25 34 29<br />3 PNS 27 43 37 67 73<br />4 ABRI/POLISI 8 15 24 23 10<br />5 SWASTA 114 137 139 147 205<br />6 WIRASWASTA 98 96 138 125 111<br /><br />Demikian data perkembangan siswa dan latar belakang sosial-ekonomi orang tuanya<br /><br />GURU DAN KARYAWAN<br /><br />A. LATAR BELAKANG PENDIDIKAN<br /><br />NO PENDIDIKAN<br />TERAKHIR KEPALA<br />MADRASAH GURU TATA USAHA SATPAM CLEANING<br />SERVICE<br />1 STRATA 2 1 1<br />2 STRATA 1 65 1<br />3 DIII 2 2<br />4 SLTA 4<br />5 SLTP 1<br />6 SD 1 3<br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br />B. PEMBAGIAN TUGAS MENGAJAR GURU 2007-2008<br /><br />NO<br />NAMA<br />JABATAN<br />MATA PELAJARAN<br />KELAS<br />KET<br />I II III<br />1 2 3 4<br />1 Drs. H. Anwar. MM Kepala BP<br />2 Dra. Hj. Kholifah Harits PNS Quran hadis<br /><br />3 Drs. H. Asmat. AH Honor<br />Bhs Inggris<br />4 Nata Ramli, S.Ag Honor Penjaskes<br />5 EUis Fathuzaenah. S.Pd PNS Bhs Inggris<br />6 Hj. Nurlaela. BA PNS Matematika<br /><br />7 Ely Sutarsih. S.Pd PNS Matematika<br /><br />8 Dra. Umi Hasanah PNS Fiqh<br /><br />9 Dra. Siti Daeni dewi PNS Ekonomi<br />Sejarah<br />10 Drs. Nafiah Manurung PNS Biologi/Sains<br />Fisika<br />11 Drs. Asmawi Abdullah PNS Quran Hadis<br />12 Drs. Darsono PNS PPKN<br /><br />13 Dra. Ety Heryati Honor Bhs Indonesia<br /><br />14 Drs. Paijo Antoro PNS Geografi<br />15 Dra. Tuheriyah PNS Matematika<br /><br />16 Harismanto. S.Pd PNS Fisika/Sains<br />17 Drs. Endang Rukmana PNS Fisika/Sains<br /><br />18 Hilal hamzah Honor Komputer<br /><br />19 Drs. Andi Supardi PNS Sejarah<br /><br />20 Damhuri Ghazali. S.Ag Honor Fiqh<br />21 Chairul Huda, S.Ag PNS SKI<br />22 Anis Habibah Honor<br />Bhs Arab<br />23 Sabar, S.Pd PNS PPKN<br />24 Dra. Salmah PNS Biologi/Kimia<br /><br />25 Dra Awalina Zulfa PNS Geografi<br />Sejarah<br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br />26 Syamsul Bahri Honor Komputer<br />27 Lina Yayan PNS Bhs Indonesia<br />28 Sri Ambarwati, S.Ag Honor Aqidah Akhlak<br />29 Dra. Ai Rosidah Dhalfa PNS Bhs Inggris<br />30 H. Abdul Hakim Honor Bhs Arab<br />31 Tini Kartini. BA PNS Aqidah akhlak<br />32 Eny Kusumastuti. S.Pd PNS Bhs Inggris<br />33 H. Topani. SE PNS Ekonomi<br />34 Dra. Rasmi Syahbuddin PNS SKI * BP<br />35 Winna Elisty. S.Pd PNS Biologi/Kimia<br />36 Dra. Syukroini Alfat PNS Bhs Indonesia<br />37 Dra. Diah Utami PNS KTK<br />38 Siti Khuriyah. BA PNS Bhs Indonesia<br />39 Narwi Subandi. S.Ag Honor Kaligrafi<br />40 Hibatullah. S.Pd PNS Matematika<br />41 Dede Sulaeman Honor Komputer<br />42 Hj. Lilis Suryani. S.Ag PNS Aqidah akhlak<br />43 Dra. Hj. Rahmaida PNS Bhs Arab<br />44 Budi Iriyanto Honor Penjaskes<br />45 Sukra. S.Pd PNS Geografi<br />46 Eva Hanifah, S.Ag PNS Bhs Arab<br />47 Muslimah, S.Ag PNS Bhs Arab<br />48 Latifah Qolbi, S.Pd PNS Bhs Inggris<br />49 Roziqoh. S.Pd PNS Biologi<br />50 Dra. Aan Riziani. PNS Quran-Hadits<br />51 Tujiono. S.Pd PNS Bhs Indonesia<br />52 Supri haryanti. S.Pd PNS Bhs Indonesia<br />53 Irma Nurazizah. S.Pd PNS Bhs Inggris<br />54 Drs. Ita Saputra Honor Kesenian<br />55 HarisZarkasih, S.Ag PNS SKI<br />56 Tarmiatun. S.Pd PNS PPKN<br />57 Agus Sulistiyotomo.S.Pd PNS Bhs. Inggris<br />58 Atin Suprihatin. S.Pd PNS Bhs Indonesia<br />59 R. Lela Purwati. S.Si PNS Matematika<br />60 Sumarwi. S.Pd PNS BP/Konseling<br />61 Elis Budiyaningsih. S.Pd PNS Matematika<br />62 Dra. Teguh Winarti PNS Matematika<br />63 Ani Andriyani. S.Pd PNS Biologi<br />64 Evi Latifah. S.Ag PNS Bhs Arab<br />65 Suhardiman. S.Pd PNS Olah Raga<br />66 Liana. S.Pd PNS BP/Konseling<br />67 Ahmat Toifur. S.Pd PNS Matematika<br />68 Nihayah. S.Pd PNS Bhs. Indonesia<br />69 Nata Ramli. S.Ag Honor Olah raga<br />70 Dra. Iin Honor Biologi<br />71 Abdul Sanan Honor Komputer<br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br />C. DAFTAR WALI KELAS TAHUN 2007-2008<br /><br />NO WALI KELAS KELAS BIDANG STUDY NIP<br />1 2 3 4 5<br />1 Dra. Siti Daeni Dewi VII.1<br />Ekonomi<br />2 Ety Heryati. S.ag VII.2<br />Bhs. Indonesia<br />3 Ely Sutarsih. S.Pd VII.3<br />Matematika<br />4 Hj. Euis Fathuzaenah. S.Pd VII.4<br />Bhs Inggris<br />5 Drs. Endang Rukmana. VII.5<br />Fisik/Sains<br />6 Dra. Rahmaida VII. 6<br />Bhs. Arab<br />7 Dra. Salmah VII. 7<br />Biologi/Sains<br />8 Drs. Paijo Antoro VII. 8<br />Geografi<br />9 Evah Hanifah. S.Ag VII.9 Bhs. Arab<br /><br />10 Latifah Qolbi. S.Pd VII.10<br />Bhs Inggris<br /><br />11 Dede Sulaeman VII.11 Komputer<br /><br />12 Dra. Tuheriyah VIII.1 Matematika<br /><br />13 Chairul Huda. S.Ag VIII.2 SKI<br /><br />14 Dra. Awalina Zukfah VIII.3 Geografi<br /><br />15 Drs. Nafiah Manurung VIII.4 Biologi/Sains<br /><br />16 Muslimah. S,.Ag VIII.5 Bhs. Arab<br /><br />17 Siti Khuriyah. BA VIII.6 Bhs Indonesia<br /><br />18 Drs. A. Thoifur VIII.7 Matematika<br /><br />19 H. Topani. SE VIII.8 Ekonomi<br /><br />20 Drs. Asmawi Abdullah VIII.9 Quran-Hadis<br /><br />21 Damhuri Ghazali. S.Ag VIII.10 Fiqih<br /><br />22 Hj. Nurlaela. BA VIII.11<br />Matematika<br /><br />23 Umi Hasanah. S. Ag III.1 Fiqih<br /><br />24 Tini Kartini. BA III.2 Aqidah-Akhlak<br /><br />25 Sukra. S.Pd III.3 Gerografi<br /><br />26 Andi Supardi. S.Ag III.4 Sejarah<br /><br />27 Winna Elisty III.5 Biologi/Sains<br /><br />28 Dra. Syukroini Alfat III.6 Bhs. Indonesia<br /><br />29 Hariosmanto III.7<br />Fisika/Sains<br /><br /><br /><br /><br />D. JAM PELAJARAN TAHUN 2007-2008<br /><br />NO HARI W A K T U KEGIATAN<br /><br /><br /><br /><br /><br />1<br /><br /><br /><br /><br />Senin<br />07.00 - 07. 15<br />07.15 – 08.00<br />08.45 – 09. 30<br />09.30 – 10.15<br />10.15 – 12.00<br />12.00 – 12.45<br />12.45 – 13.30<br />13.30 – 14.15<br />14.15 – 15.00<br />- Membaca Al-Quran<br />- Proses belajar-Mengajar<br />- Proses belajar-Mengajar<br />- Istirahat<br />- Proses Belajar- Mengajar<br />- Proses Belajar-Mengajar<br />- Sholat Dzhuhur berjamaah<br />- Proses belajar Mengajar<br />- Proses belajar mengajar<br /><br /><br /><br /><br /><br />Selasa<br />07.00 - 07. 15<br />07.15 – 08.00<br />08.45 – 09. 30<br />09.30 – 10.15<br />10.15 – 12.00<br />12.00 – 12.45<br />12.45 – 13.30<br />13.30 – 14.15<br />14.15 – 15.00<br />- Membaca Al-Quran<br />- Proses belajar-Mengajar<br />- Proses belajar-Mengajar<br />- Istirahat<br />- Proses Belajar- Mengajar<br />- Proses Belajar-Mengajar<br />- Sholat Dzhuhur berjamaah<br />- Proses belajar Mengajar<br />- Proses belajar mengajar<br /><br /><br /><br /><br /><br />Rabu<br />07.00 - 07. 15<br />07.15 – 08.00<br />08.45 – 09. 30<br />09.30 – 10.15<br />10.15 – 12.00<br />12.00 – 12.45<br />12.45 – 13.30<br />13.30 – 14.15<br />14.15 – 15.00<br />- Membaca Al-Quran<br />- Proses belajar-Mengajar<br />- Proses belajar-Mengajar<br />- Istirahat<br />- Proses Belajar- Mengajar<br />- Proses Belajar-Mengajar<br />- Sholat Dzhuhur berjamaah<br />- Proses belajar Mengajar<br />- Proses belajar mengajar<br /><br /><br /><br /><br /><br />Kamis<br />07.00 - 07. 15<br />07.15 – 08.00<br />08.45 – 09. 30<br />09.30 – 10.15<br />10.15 – 12.00<br />12.00 – 12.45<br />12.45 – 13.30<br />13.30 – 14.15<br />14.15 – 15.00<br />- Membaca Al-Quran<br />- Proses belajar-Mengajar<br />- Proses belajar-Mengajar<br />- Istirahat<br />- Proses Belajar- Mengajar<br />- Proses Belajar-Mengajar<br />- Sholat Dzhuhur berjamaah<br />- Proses belajar Mengajar<br />- Proses belajar mengajar<br /><br /><br /><br /><br />Jumat<br />07.00 - 07. 15<br />07.15 – 08.00<br />08.45 – 09. 30<br />09.30 – 10.15<br />10.15 – 10.30<br />10.30 – 11.30<br />- Membaca Al-Quran<br />- Proses belajar-Mengajar<br />- Proses belajar-Mengajar<br />- Proses belajar-Mengajar<br />- Istirahat<br />- Proses Belajar-Mengajar<br /><br /><br /><br /><br /><br />NO HARI W A K T U KEGIATAN<br /><br /><br /><br /><br />6<br /><br /><br /><br />Sabtu<br />07.00 - 07. 15<br />07.15 – 08.00<br />08.45 – 09. 30<br />09.30 – 10.15<br />10.15 – 12.00<br />12.00 – 12.45<br />12.45 – 13.30<br />13.30 – 14.15<br />14.15 – 15.00<br />- Membaca Al-Quran<br />- Proses belajar-Mengajar<br />- Proses belajar-Mengajar<br />- Istirahat<br />- Proses Belajar- Mengajar<br />- Proses Belajar-Mengajar<br />- Sholat Dzhuhur berjamaah<br />- Proses belajar Mengajar<br />- Proses belajar mengajar<br /><br /><br />E. JADWAL PELAJARAN TAHUN 2007-2008 ( Terlampir )<br /><br />F. PROGRAM PRIORITAS KELAS III TAHUN 2007-2008<br /><br />NO PROGRAM JENIS KEGIATAN TUJUAN PELAKSANA WAKTU<br /><br />1<br />Bimbingan cara belajar<br />Interviu dan Pembinaan Cara Belajar<br />Menemukan problem belajar dan menentukkan Solusi<br />Team Conselor<br />Desember 2005<br /><br />2<br />Bimbingan Belajar<br />Membahas Materi UAN<br />Membantu siswa :<br />1. Mengingat Materi Kelas 1 & 2<br />2. Membiasakan untuk mengerjakan soal.<br /><br />Guru Pembimbing<br />Terjadwal<br />Masuk Jam Reguler<br /><br />3.<br />Try Out<br />Try Out<br />Membantu siswa :<br />3. Mengingat Materi Kelas 1 & 2<br />4. Membiasakan untuk mengerjakan soal.<br /><br />Guru Pembimbing<br />Terjadwal<br /><br />4<br />Bimbingan Bakat dan Minat<br />Interviu dan Quisioner ( Tes Bakat dan Minat )<br />Menemukan Bakat dan Minat<br />Team Conselor<br />Maret- April 2006<br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br />PENGURUS LABORATORIUM MTs NEGERI KOTA BEKASI<br /><br />A. LABORATORIUM SAINS<br />PENANGGUNG JAWAB : DRS.H. ANWAR. MM<br />KETUA : HARISMANTO<br />SEKRETARIS : DRS. NAFIAH MANURUNG<br />BENDAHARA : DRA. SALMAH<br />ANGGOTA : 1. DRS. ENDANG RUKMANA<br />2. WINNA ELISTY<br /><br /><br />B. LABORATORIUM KOMPUTER<br />PENANGGUNG JAWAB : DRS.H. ANWAR. MM<br />KETUA : R. ENDANG WURDIYANTI. SH<br />SEKRETARIS : HILAL HAMZAH<br />BENDAHARA : SITI SALIMAH<br />ANGGOTA : 1. DEDE SULAEMAN<br />2. SYAMSUL ANWAR<br /><br />PENGURUS PERPUTAKAAN MTs NEGERI KOTA BEKASI<br /><br />PENANGGUNG JAWAB : DRS.H. ANWAR. MM<br />KETUA : R. ENDANG WURDIYANTI. SH<br />KOORDINATOR : IDA JAIDAH<br /><br />PENGURUS KOPERASI MTs NEGERI KOTA BEKASI<br /><br />PENANGGUNG JAWAB : DRS.H. ANWAR. MM<br />KETUA : DRS. CHAIRUL HUDA<br />SEKRETARIS : DRA. SUKROINI ALFAT<br />BENDAHARA : DRA. AWALINA ZULFA<br />ANGGOTA : 1. ELY SUTARSIH. S.Pd<br /><br /><br />SIE KEROHANIAN MTs NEGERI KOTA BEKASI<br /><br />PENANGGUNG JAWAB : DRS.H. ANWAR. MM<br />KETUA : DRS. ASMAWI ABDULLAH<br />SEKRETARIS : DRS. DAMHURI GHZALI<br />BENDAHARA : DRA. ETY HERYATI<br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br />PENGURUS OSIS MTs NEGERI KOTA BEKASI<br />TAHUN 2007-2008<br /><br />PEMBINA OSIS<br />KETUA : DRS.H. ANWAR. MM<br />PEMBINA : E. ENDANG WURDIYANTI. SH<br /><br />WAKIL KETUA : DRS. NAFIAH MANURUNG<br />ANDI SUPARDI. S.Ag<br /><br />ANGGOTA : SUKRA. S.Pd<br /><br />PENGURUS INTI : KETUA : INDRA HENDRIYANA<br />W. KETUA I : USWATUN IZAZA YUAR<br />W. KETUA II : MAYA ROSALIA DEWI<br />SEKRETARIS : NIA EKA SARI.J<br />W. SEKRETARIS I : NURHALIMAH<br />W. SEKRETARIS II : DIAH PUSPITASARI<br />BENDAHARA : ENENG RAHMATILLAH W. BENDAHARA I : SITI NURTSALIH<br />W. BENDAHARA II : DIANA SARAH<br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br />PENGURUS PMR MTs NEGERI KOTA BEKASI<br />TAHUN 2007-2008<br /><br />PENAGGUNG JAWAB : DRS.H. ANWAR. MM PEMBINA PUTRA : DEDE SULAEMAN<br />PEMBINA PUTRI : SITI KHURIYAH. BA<br />KETUA : NIA EKA SARI JULIANA<br />SEKRETARIS : SITI NURTSALIS<br />BENDAHARA : IIN PARLINA<br />KETUA REGSUS : MILA MEGA WULANDARI<br />SEKRETARIS REGSUS : LULUK RIZKA<br />BENDAHARA REGSUS : ANGGI AFRIANI<br />DANTON PUTRA : JOKO. W<br />WAKIL DANTON PUTRA : YOGI<br />DANTON PUTRI : AGISTA<br />WAKIL DANTON PUTRI : YUSSY. K<br />SEKSI-SEKSI<br /><br />SIE KEBERSIHAN : USWATUN IZAZA .Y<br />SUCI ALAMANDA<br /><br />SIE UPACARA : SYARIFAH<br />LUSIANA<br /><br />SIE PERALATAN : SITI MAFTUHAH ANIS<br />ANISA APRILIA<br /><br />SIE HUMAS : NURHIDAYAH<br />NURFAJRIAH<br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br />PENGURUS PRAMUKA MTs NEGERI KOTA BEKASI<br />TAHUN 2007-2008<br /><br />KAK MABIGUS : DRS.H. ANWAR. MM<br />PEMBINA PUTRA : HILAL HAMZAH<br />PEMBINA PUTRI : DRA. AI ROSIDAH DHALFA<br />PELATIH : HERI SUSANTO<br />PRATAMA : M. REZA FAHLEVI<br />PRATAMI : LEILA ANJANI<br />DANSUS PUTRA : IBRAHIM<br />DANSUS PUTRI : ANNISA RIZKI<br />SEKRETARIS I : HANNA<br />SEKRETARIS II : KAMILUDDIN<br />BENDAHARA I : RATNA NINGSIH<br />BENDAHARA II : RETNO<br />SIE LOGISTIK : LIANI, SEPTI, DESTIA, YOGI, IMAM<br />SIE PERALATAN : A.RIFAI, KARYA, JUNIARDI, M. ARIF, LENAH<br />SIE HUMAS : MUTIARA, INDAH, RIENE, HERDIANSYAH<br />SIE KEGIATAN : PATIHATUN, DEVI, REZA INDRAWAN, AJI<br />MASTONO, MUHAMMAD<br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br />PENGURUS PASKIBRAKA MTs NEGERI KOTA BEKASI<br />TAHUN 2007-2008<br /><br />PELINDUNG : DRS.H. ANWAR. MM PEMBINA : ELLY SUTARSIH. S.Pd<br />KETUA : DIAH PERMATA SARI<br />WAKIL KETUA : PUTRI HAPSARI<br />SEKRETARIS : KATYA LESLIKA PURI.A.D<br />BENDAHARA : DIANA SARAH<br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br />RATA-RATA NEM<br />( BHS INGGRIS-MATEMATIKA-BHS INDONESIA)<br />MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI KOTA BEKASI<br />TAHUN 2002 S/D 2007<br /><br /><br />NO<br />TAHUN PELAJARAN<br />JUMLAH<br />RATA-RATA<br />KETERANGAN<br />1 2002-2003 31.08 5.18 6 MATA PEL<br />2003-2004 27.84 4.64 6 MATA PE<br />2004-2005 17.90 5.97 3 MATA PEL<br />2005-2006 15.76 5.25 3 MATA PEL<br />2006-2007 20.56 6.83 3 MATA PE<br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br />Alhamdulilah, Profil Madrasah Tsanawiyah Negeri Kota Bekasi Tahun 2007-2008 telah selesai disusun. Dengan harapanMTs Negeri Kota Bekasihttp://www.blogger.com/profile/17500451602519843057noreply@blogger.com